Wakil Ketua II DPRD Natuna Sambangi Desa Gunung Putri Bunguran Batubi

Wakil Bupati Natuna, Ngesti Yuni Suprapti didampingi Wakil Ketua II DPRD Natuna, Jarmin, beberapa Anggota DPRD Pemilihan Wilayah II (Sijabat dan Ibrahim), Kepala Badan Pertanahan (BPN) Kabupaten Natuna dan pimpinan Organisasi Perangkat Daerah terkait menyambangi Desa Gunung Putri Kecamatan Bunguran Batubi, Senin (3/8/2020)

Hadir pula pada kesempatan tersebut diantaranya Camat Bunguran Batubi, Uspika, kepala dan staf Puskesmas serta tokoh masyarakat setempat.

Dalam sambutannya, Ngesti menjelaskan beberapa hal terkait permasalahan yang ada di Kecamatan Bunguran Batubi khususnya, diantaranya masalah lahan, asset (bangunan masa Kementerian Transmigrasi terdahulu) dan proses sertifikat tanah transmigrasi yang selama ini belum juga tuntas.

Namun demikian, sesuai janji politik yang diutarakan dari awal kepemimpinan Hamid-Ngesti, dimana salah satu pointer yang ingin dicapai adalah mengurai permasalahan yang dihadapi masyarakat Bunguran Batubi selama ini, terutama terkait legalitas kepemilikan lahan yang dihibahkan sebagai warga transmigrasi di Natuna

Dirinya mengakui bahwa selama kepemimpinan periode ini, pemerintah daerah telah memaksimalkan efektivitas OPD terkait permasalahan ini untuk melakukan penelusuran data, menganalisa regulasi, tahapan, serta membangun koordinasi dengan lembaga – lembaga terkait.

Dan hasilnya Ngesti mengakui secara bertahap proses sertifikasi lahan hak masyarakat transmigrasi dan pemindahan neraca asset mulai menemukan titik terang, dimana sebagian Sertifikat Tanah sudah pula diterbitkan oleh Badan Pertanahan Nasional.

Sebelumnya, Ngesti juga mengatakan bahwa Pemerintah Daerah pernah menerima Surat dari pihak Kementerian Transmigrasi dimana salah satu pointer memberikan hak pembinaan atas masyarakat Transmigrasi.

Dari surat tersebut, pihak kementerian menjelaskan bahwa pemerintah daerah memiliki hak pembinaan masyarakat dan esensi terpentingnya adalah dari kondisi yang ada, daerah ini berhak dimekarkan menjadi beberapa desa untuk selanjutnya dimekarkan kembali menjadi kecamatan baru. (Liputan: Dayu)

Sumber: https://kepri.kabardaerah.com/wakil-ketua-ii-dprd-natuna-sambangi-desa-gunung-putri-bunguran-batubi/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *